Simulasi digital adalah Upaya Mengomunikasikan Gagasan atau Konsep
Melalui Presentasi Digital
Manfaat Media digital adalah untuk mengomunikasikan gagasan atau konsep,
dipilih dari yang telah tersedia secara luas melalui aplikasi atau layanan
dengan menggunakan peralatan elektronika atau peralatan teknologi informasi dan
komunikasi yang ada.
Tujuan mempelajari Visualisasi Konsep untuk:
1. Membuat presentasi video melalui cara video
proses; dan
2. Membuat presentasi video melalui simulasi
visual.
Visualisasi konsep adalah media siswa mengomunikasikan gagasan atau
konsep dengan mengekspresikan diri dalam bentuk visualisasi dinamis, bergerak
dan diberi audio
1. Pengertian Presentasi Video
Presentasi video
adalah video untuk mengomunikasikan ide atau gagasan, yang digunakan untuk
memperkenalkan produk atau cara kerja yang dibuat melalui proses merekam gambar
dan suara, menata urutan dan menyambung atau memotong gambar dan menyatukannya
menjadi kesatuan yang utuh.
2. Fungsi Presentasi Video
Presentasi video
berfungsi sebagai sarana untuk mengomunikasikan ide atau gagasan melalui
penyajian suatu produk yang telah dihasilkan.
3. Jenis Video
Berdasarkan tujuan pembuatannya, video dapat
diperuntukan:
a. Cerita
Video yang bertujuan untuk memaparkan cerita.7
b. Dokumenter
Video yang bertujuan merekam sebuah kejadian
atau peristiwa dalam kehidupan nyata.
c. Berita
Video yang bertujuan memaparkan sebuah berita.
d. Pembelajaran
Video yang bertujuan untuk memberikan materi
pembelajaran agar mudah diserap dan dapat dimainkan ulang.
e. Presentasi
Video yang bertujuan untuk mengomunikasikan
ide atau gagasan
ciri-ciri
presentasi video adalah:
● mengomunikasikan ide
● menunjukkan solusi
● mengomunikasikan produk dan jasa
● menunjukkan cara kerja
Proses Pengambilan
Gambar
Pada proses produksi Anda harus menyiapkan:
1. Alat
Perekam Gambar (Camcorder)
● Kamera (camcorder) untuk merekam gambar dan
suara, contoh: kamera profesional, handycam.
● Tripod, agar kamera tidak bergoyang.
● Lampu kamera untuk menambah cahaya, dalam
kondisi kurang cahaya.
● Mikropon untuk merekam suara ketika
melakukan pengambilan gambar.
a.
Menangkap Gambar Dengan Kamera Handycam
1) Teknik memegang kamera video
2) Zoom
2) Zoom
3) Peraturan 5 detik
4) Fokus, Exposure and keseimbangan cerah putih
(White Balance)
5) Tanggal dan Waktu
6) Gambar pengisi (Cutaways)
b.
Menangkap Gambar Dengan Telepon Genggam (Handphone)
1) Lebih dekat ke obyek
2) Hati-hati dengan cahaya
3) Keseimbangan
4) Hindari penggunaan digital zoom
2. Istilah
Ukuran Gambar
·
Establishing
Shot: shot pembuka dari suatu adegan yang memperlihatkan tempat dan waktu
adegan itu berlangsung.
·
Extreme Long Shot
(ELS): gambar diambil dari jarak sangat jauh, yang ditonjolkan bukan objek lagi
tetapi latar belakangnya.
·
Very Long Shot
(VLS): menunjukkan subjek yang berada di tengah lingkungan sekitarnya.
·
LongShoot (LS) :
pengambilan secara keseluruhan tubuh dari kepala sampai kaki.
·
Full Shot (FS) :
pengambilan gambar objek secara penuh dari kepala sampai kaki.
·
Medium Long Shot
(MLS) : gambar diambil dari jarak yang wajar, sehingga jika misalnya terdapat 3
objek maka seluruhnya akan terlihat.
·
Knee Shot (KS) :
pengambilan gambar objek dari kepala hingga lutut.
·
Wide Angle (sudut
lebar) : ukuran pengambilan gambar yang memasukkan keadaan sekeliling, jadi
sudut lebar akan memberikan pandangan atas keseluruhan keadaan.
·
Mid Shot (MS) :
menunjukkan mulai bagian kepala sampai pinggul.
·
Medium Close Up
(MCU) : menunjukkan mulai bagian kepala sampai bahu.
·
Close Up (CU) :
gambar diambil dari jarak dekat.
·
Big Close Up
(BCU) : pengambilan gambar wajah yang memenuhi layar penampilan gambar
·
Extreme Close Up
(ECU): pengambilan gambar yang terlihat sangat detail seperti hidung pemain
atau bibir atau ujung tumit dari sepatu.
·
One Shot (1S) :
Pengambilan gambar satu objek
·
Two Shot (2S) :
pengambilan gambar dua orang.
·
Three Shot (3S) :
pengambilan gambar tiga orang.
·
Group Shot (GS):
pengambilan gambar sekelompok orang.
3. Gerakan
Kamera
·
PAN atau PANNING,
yaitu pergerakan kamera secara horizontal,
·
yaitu gerakan
kamera dari kiri ke kanan (PAN KANAN) atau dari kanan ke kiri (PAN KIRI).
·
TILT atau
TILTING, yaitu pergerakan kamera secara vertikal gerakan kamera dari
·
TRACK IN, yaitu
teknik pengambilan gambar yang dimulai dengan cara menggerakan kamera mendekati
objek
·
TRACK OUT, yaitu
teknik pengambilan gambar yang dimulai dengan cara menggerakan kamera menjauhi
objek.
4. Tata
Cahaya
Teknik
tata cahaya tiga titik (Three Point Lighting) adalah
metode standar yang digunakan dalam media visual seperti video, film dan
fotografi.
·
Key light adalah
penyinaran terarah yang utama (main source) yang mengenai/jatuh pada suatu
objek.
·
Fill light adalah
penyinaran yang digunakan untuk melunakan bayangan yang dihasilkan oleh key
light.
·
Back light adalah
penyinaran dari belakang subjek (berlawanan arah kamera) diatur sehingga jatuh
mengenai kepala dan bahu dari subjek.
5. Tata
Suara
·
Voice over adalah
narasi tambahan yang berupa suara manusia yang membacakan sebuah cerita/narasi
yang berkaitan dengan video yang dibuat.
·
voice over talent
atau orang yang mengisi/menyuarakan voice over
IZIN BUAT TUGAS
ReplyDelete